DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE PEMBERIAN TUGAS DAN MEDIA BAHAN ALAM MELALUI KEGIATAN MELUKIS TEKNIK AIRBRUSH KELOMPOK B TK PENERUS BANGSA PGRI BANJARMASIN
PENGARANG:Indah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-06


Indah. 2022. “Meningkatkan Kreativitas Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas Dan Media Bahan Alam Melalui Kegiatan Melukis Teknik Airbrush Kelompok B TK Penerus Bangsa PGRI Banjarmasin”. Skripsi, Program S1 PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Kreativitas, Model Explicit Instruktion, Metode Pemberian tugas, Media bahan Alam, Melukis, Teknik Airbrush.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kreativitas anak, kegiatan melukis anak masih terpaku pada contoh yang guru berikan, anak juga kurang berinisiatif dalam berkreasi dan anak belum dapat menghasilkan sebuah karya yang baru. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan monoton dan prasarana yang kurang memadai sehingga anak kurang mampu mengekspresikan kreativitas dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan dalam meningkatkan kreativitas anak menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas dan Media Bahan Alam melalui kegiatan Melukis Teknik Airbrush.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Penerus Bangsa Banjarmasin yang berjumlah 10 anak. Jenis data menggunakan data kualitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan lembar observasi dan rubrik. Indikator keberhasilannya yaitu aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan hasil perkembangan anak mencapai kategori “Berkembang Sangat Baik.

Hasil penelitian menunjukkan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas Dan Media Bahan Alam Melalui Kegiatan Melukis Teknik Airbrush dapat meningkatkan aktivitas guru pada pertemuan ke-3 memperoleh skor 38 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada pertemuan ke-3 memperoleh nilai 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Pada hasil capaian perkembangan kreativitas anak pada pertemuan ke-3 ada 10 orang anak atau 100% dapat dikatakan telah berhasil berkembang dengan kriteria Berkembang Sangat Baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas Dan Media Bahan Alam Melalui Kegiatan Melukis Teknik Airbrush dapat meningkatkan kreativitas anak, dan hasil perkembangan anak sangat baik dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI