DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak dan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Model Cooperative Learning Melalui Permainan Ikan di Aquarium pada Kelompok A TK Aisyiyah 1 Bustanul Athfal Kota Banjarmasin
PENGARANG:Nelly Asri Shafira
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-06


Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan kognitif anak dalam berhitung permulaan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Untuk mengatasinya peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative learning dengan Media Permainan Ikan di Aquarium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetauhi aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian hasil pengembangan kemampuan kognitif anak khususnya dalam berhitung permulaan. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 pertemuan. Analisis data terdiri dari aktivitas guru mencapai presentase 82% dengan kriteria “Baik” aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai presentase 67% dengan kriteria “Aktif” dan hasil pengembangan aspek kognitif anak 66% dengan kategori “Berkembang Sesuai Harapan”. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 2 mencapai 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil aktivitas anak pertemuan 2 mencapai 83% dengan kategori “Sebagian Besar Aktif”. Dan pada pertemuan 2 hasil perkembangan kognitif mencapai 83% dengan kategori “Sebagian Besar Aktif”. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa guru berhasil melaksanakan menerapkan model Cooperative learning dengan media Permainan Ikan di Aquarium dalam mengembangkan aspek kognitif anak. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan alternative untuk penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: Kognitif, Cooperative learning, Berhitung Permulaan, Media Ikan di Aquarium

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI