DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UKURAN PERTAMA KALI TERTANGKAP IKAN TIGA WAJA (Johnius dussumieri) DAN KOMPOSISI IKAN YANG TERTANGKAP DENGAN JARING INSANG HANYUT (DRIFT GILL NET) DI PERAIRAN LAUT DESA PAGATAN BESAR KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:WAHDINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-07


ABSTRAK

Wahdini (1810713120005). Program Studi Perikanan Tangkap. Ukuran Pertama Kali Tertangkap  Ikan Tiga Waja (Johnius dussumieri) Dan Komposisi Ikan Yang Tertangkap Dengan Jaring Insang Hanyut (Drift Gill Net)  Di Perairan Laut Desa Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut. Dibawah Bimbingan Ir. Irhamsyah, M.Si., Sebagai Ketua Pembimbing dan Siti Aminah, S.Pi., M.Si, Sebagai Anggota Pembimbing.

 

Desa Pagatan Besar merupakan salah satu pusat perikanan di Kabupaten Tanah Laut. Alat penangkapan ikan yang digunakan di desa ini adalah lampara dasar, rakang, pukat pantai, jaring insang lingkar, jaring rajungan dan jaring insang hanyut. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan jaring insang hanyut (Drift gill net) 2) Menganalisis komposisi dan proporsi ikan yang tertangkap dengan menggunakan jaring insang hanyut (Drift gill net) 3) Menganalisis ukuran pertama kali tertangkap (Lc) dan status penangkapan ikan bearded croaker (Johnius dussumieri) menggunakan jaring insang hanyut (Drift gill net). Penelitian dilakukan dari bulan Maret – April 2022 dengan metode penelitian sensus. Bagian-bagian jaring insang hanyut (Drift gill net) yaitu badan jaring, tali ris atas, tali ris bawah, pelampung, pemberat, pelampung tanda dan pemberat pelampung tanda, Komposisi dan proporsi hasil tangkapan jaring insang hanyut (Drift gill net) adalah ikan bearded croaker (Johnius dussumieri) sebanyak 633 ekor (33,7%),  ikan gulamah (Johnius trachycephalus) sebanyak 768 ekor (40,9%), ikan senangin (Eleutheronema tetradactylum) sebanyak 73 ekor (3,9%), ikan parang-parang (Chirocentrus dorab) sebanyak 21 ekor (1,1%), ikan galak mata (Sardinella tawilis) sebanyak 203 ekor (10,8%) , ikan panting (Polynemus tetradactylum) sebanyak 73 ekor (3,9%) dan ikan selanget (Anodontostoma chacunda) sebanyak 107 ekor (5,7%). Ukuran pertama kali tertangkap (Lc) ikan bearded croaker (Johnius dussumieri) pada jaring insang hanyut (Drift gill net) di Perairan Desa Pagatan Besar adalah 23,13 cm dan status penangkapan ikan bearded croaker (Johnius dussumieri) adalah baik dengan nilai Lc ≥Lm ( 23,13 cm ≥17,5 cm ).

 

Kata kunci : Ukuran Pertama Kali Tertangkap; Komposisi; Ikan Tiga Waja; Jaring Insang Hanyut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI