DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA/MA KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:WIDYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-07


INTISARI

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang harus dimanfaatkan oleh guru geografi untuk melaksanakan pembelajaran secara online secara keseluruhan. Masalah ini memaksa sistem pendidikan untuk beradaptasi dari proses pembelajaran luring menjadi daring dan tentunya berpengaruh pada efektivitas pembelajaran karena para guru dipaksa untuk mengatur ulang strateginya agar penyampaian materi tetap maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi di SMA/MA Kecamatan Banjarmasin Utara selama masa pandemi Covid-19. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi SMA di Kecamatan Banjarmasin Utara yang berjumlah 10 orang guru.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui survei dengan teknik analisis data menggunakan teknik persentase dan skala Linkert. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan hasil observasi dan survey melalui Google From. Data sekunder adalah studi kepustakaan berupa jurnal dan laporan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yaitu tabulasi persentase untuk menganalisis tingkat efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran geografi di SMA/MA Kecamatan Banjarmasin Utara.

Pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran yang awalnya dilakukan secara offline menjadi serba online dengan hasil dari indikator Ketuntasan Belajar yang baik, Teknologi cukup baik, keaktifan belajar cukup baik, dan kemampuan guru mengolah pembelajaran cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran geografi di SMA/MA Kecamatan Banjarmasin Utara termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase 98%.

Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, COVID-19

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI