DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PEGAWAI BAGIAN KEPEGAWAIAN PADA PENGADILAN NEGERI BANJARMASIN KELAS I A
PENGARANG:SITI NUR HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-07


ABSTRAKSI

Siti Nur Hasanah (2022). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pegawai Bagian Kepegawaian Pada Pengadilan Negeri Banjarmasin Kelas I A. Pembimbing: Muhammad Ziyad.

 

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk: 1) Menganalisis Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pegawai Bagian Kepegawaian Pada Pengadilan Negeri Banjarmasin Kelas I A; 2) MenganalisisPengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pegawai Bagian Kepegawaian Pada Pengadilan Negeri Banjarmasin Kelas I A.

 

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal. Responden penelitian adalah 47 pegawai Pengadilan Negeri Banjarmasin Kelas I A yang digunakan dalam pengolahan data. Teknik Sampling yang digunakan adalah teknik Nonprobability Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan aplikasi program software SPSS.

 

Hasil dari uji t penelitian ini menunjukkan komitmen organisasi berpengaruh terhadap OCB pegawai dan kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap OCB pegawai. Hasil uji F penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap OCB pegawai. Hasil uji koefisien determinasi R2 menunjukkan bahwa komitmen organisasi dan kepuasan kerja mempengaruhi OCB pegawai bagian kepegawaian Pengadilan Negeri Banjarmasin Kelas I A.

 

Kata Kunci: Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB).  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI