DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DISEKITAR KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PICTURE AND PICTURE, DAN COURSE REVIEW HORAY DI SD NEGERI GAMBUT 4 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:DINI KHOIRIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-07


ABSTRAK

Khoiriyah, Dini 2022. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi perpindahan kalor disekitar kita menggunakan kombinasi model problem based learning, picture and picture, dan course review horay di sd negeri gambut 4 kabupaten  banjar. Skripsi Program Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar. Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Dr. Radiansyah S.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Pendidik, Aktivitas Peserta Didik, dan Hasil Belajar Problem Based Learning, Picture And Picture, Dan Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada materi perpindahan kalor disebabkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, karena pembelajaran cenderung berpusat pada pendidik dan pembelajaran masih dilaksanakan hanya dengan menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model problem based learning, dikombinasikan dengan model  picture and picture, dan course review horay. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa. 

Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Data yang digunakan berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas pendidik, dan aktivitas peserta didik. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar peserta didik yang dilakukan dengan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gambut 4 dengan jumlah siswa 12 orang. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah siswa dapat mencapai nilai =70 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara klasikal, serta aktivitas pendidik mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif”.

Hasil penelitian menunjukan aktivitas pendidik pada pertemuan 1 mencapai skor 25 kategori sangat baik, pada pertemuan 4 mencapai skor 30 kategori Sangat Baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 mencapai persentase 72% dengan kategori Cukup Aktif dan mengalami peningkatan pada pertemuan 4 menjadi 93.75% dengan kategori Sangat Aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 50% dan mengalami peningkatan pada pertemuan  4 menjadi  100%. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model problem based learning dikombinasikan dengan model model  picture and picture, dan course review horaypada siswa kelas V SD Negeri Gambut 4. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik materi suhu dan kalor kelas V SD Negeri Gambut 4.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI