DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE OUTING CLASS PADA KELOMPOK B TK TUNAS MULYA
PENGARANG:RISKA DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-07


ABSTRAK 

Riska Damayanti 2022.  Mengembangkan kecerdasan naturalis dengan model Project Based Learning dengan metode Outing Class pada kelompok B TK Tunas Mulya Tanah Bumbu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing ibu Chresty Anggreani, M.Pd.

Kata Kunci : Project Based Learning dengan metode Outing Class

 

Permasalahan dalam penelititi ini Salah satu kecerdasan yang penting dikembangkan di anak usia dini yaitu kecerdasan naturalis. Kecerdasan naturalis adalah kemampuan dalam melakukan kategorisasi dan membuat hierarki terhadap keadaan organisme seperti tumbuh-tumbuhan, binatang, dan alam. Salah satu ciri yang ada pada anak-anak yang ada pada anak-anak yang kuat dalam kecerdasan naturalistik adalah kesenangan mereka pada alam, binatang, misalnya akan berani mendekati, memegang, mengelus, bahkan memiliki naruli untuk memelihara. 

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang di lakukan dengan 6 kali pertemuan. Subjek yang digunakan adalah kelompok B TK Tunas Mulya sebanyak 12 anak. Instrument yang digunakan yaitu lembar aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 18 dengan kategori “cukup aktif”, pada pertemuan 2 mendapatkamm skor 19 dengan kategori “aktif” dan pada pertemuan 3 mendapatkan skor 20 dengan kategori “Aktif ”. Aktivitas anak pada pertemuan 1 mencapai 31% kategori “Belum Berkembang”, pada pertemuan 2 meningkat menjadi 72% kategori “Berkembang Sesuai Harapan”, hasil perkembangan kecerdasan naturalis anak pada pertemuan 1 mencapai 31%, pada pertemuan 2 meningkat 79%. 

Disimpulkan Project Based Learning merupakan merupakan suatu model pembelajaran yang mampu membangun kemampuan siswa dengan melibatkan kerja proyek yang menghasilkan suatu karya atau produk nyata yang dapat diperlihatkan seperti laporan, pembuatan produk dan penyelesaian tugas tertulis yang guru berikan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI