DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN WAKTU LUANG DILUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:FAHRONI ABDILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-07


ABSTRAK

FAHRONI ABDILLAH, 2018, NIM 1810122310004.  Pemanfaatan Waktu Luang Diluar Jam Sekolah Pada Peserta Didik Menengah Pertama Negeri Di Kabupaten Tabalong. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Rahmadi, S.Pd, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. H. Syamsul Arifin, M.Pd

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang di luar jam sekolah pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tabalong. 

Jenis penelitian ini adalah survey menggunakan metode ex-pose facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 7,8,9 di 16 sekolah Menengah Pertama Negeri yang berada di Kabupaten Tabalong. Sample dalam penelitian sebanyak  1.484 peserta didik dengan teknik sampling purposive. Sampling purposive adalah teknik pengumpulan sample dengan berbagai kriteria tertentu. Kriteria dalam penentuan sample dalam penelitian ini adalah yang mengisi angket sejumlah 1.484 peserta didik karena mempertimbangkan situasi dan kondisi saat penelitian berlangsung, keterbatasan perangkat android yang dimiliki peserta didik, durasi penelitian, jarak tempat penelitian  dan menyesuaikan jadwal di sekolah tempat penelitian.  

Berdasarkan dari data hasil penelitian dan pembahasan dari bab terdahulu pemanfaatan waktu luang peserta didik diluar jam sekolah di 23 sekolah SMPN di Kabupaten Tabalong, Kegiatan yang di lakukan peserta didik ada 3 yaitu : 1) Kegiatan Relaksasi/Relaxation Activity  2) Kegiatan Hiburan/Entertaiment Activity 3) Kegiatan Pengembangan Diri/Development Activity.Aktivitas Fisik peserta didik berada pada tingkat tinggi dengan persentase  34%(506 orang).Aktivitas paling banyak dilakukan yaitu olahraga mandiri bersepeda/gowes  dan paling sedikit adalah beladiri Aktivitas Gerak peserta didik yang dilakukan pada waktu luang yaitu kegiatan  membantu orang tua belanja kebutuhan pokok dan paling sedikit mengikuti kegiatan di masyarakat.Minat peserta didik berada pada tingkat Rendah dengan persentase terbanyak 40% (587 orang).Dengan kegiatan paling banyak adalah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yaitu pramuka dan paling sedikit adalah mengikuti kursus yaitu kursus Komputer.

 

Kata Kunci : Pemanfaatan waktu luang peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Tabalong

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI