DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI BUDAYA MASYARAKAT BANJAR DI BANTARAN SUNGAI MARTAPURA, KELURAHAN BANUA ANYAR
PENGARANG:Muhammad Khaidir
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-07


Muhammad Khaidir, 2022. Nilai Budaya Masyarakat Banjar Di Bantaran Sungai Martapura, Kelurahan Banua Anyar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, BA. M. Pd dan Pembimbing II: Mutiani, M. Pd.

Masyarakat Banjar di kelurahan Banua Anyar memiliki adat-istiadat, ritual ritual budaya, kebiasaan-kebiasaan, dan nasehat-nasehat orang-tua dulu. Nilai budaya yang terkandung merupakan sebagian dari konsepsi hasil pemikiran manusia yang sudah turun temurun. Nilai budaya ini berada dalam daerah emosional yang telah berakar dari alam jiwa melalui proses pewarisan antar generasi sehingga menjadi sendi-sendi di dalam kehidupan warga dari kebudayaan yang bersangkutan. Ada empat nilai budaya yang ada pada masyarakat Banjar yaitu, hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kehidupan, unsur budaya, dan nilai budaya masyarakat Banjar di bantaran sungai Martapura kelurahan Banua Anyar.

  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif, digunakan dalam penelitian untuk mendeskripsikan mengenai nilai budaya masyarakat Banjar di bantaran sungai Martapura keluarahan Banua Anyar. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara dengan narasumber yaitu Masyarakat RT.04 dan RT.05. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri yang membuat pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pemilihan narasumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, sumber, dan teknik pengambilan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1) kehidupan masyarakat Banjar di bantaran sungai Martapura Kelurahan Banua, masyarakatnya menggunkan bahasa Banjar, masyarakat Banjar di bantaran sungai Martapura kelurahan Banua Anyar yang mana kehidupannya juga tidak terlepas dengan sungai. Contohnya seperti mereka melakukan perdagangan di sungai, aktivitas-aktivitas budidaya ikan, dan membuka warung makan di bantaran sungai. 2) Aktivitas masyarakat Banjar di bantaran sungai Martapura kelurahan Banua Anyar berhubungan dengan 7 unsur budaya seperti Bahasa, Sistem Pengetahuan, Sistem Organisasi, Sistem Peralatan Hidup, Sistem Mata Pencaharian, Sistem Religi, dan Kesenian. 3) Nilai budaya masyarakat Banjar yang terkandung seperti nilai Hubungan manusia dengan Tuhan, Hubungan manusia dengan alam, Hubungan manusia dengan manusia, dan Hubungan manusia dengan diri sendiri. Hubungan manusia dengan Tuhan meliputi ikhlas dan syukur dengan konsep nilai berelaan. Manusia dengan alam, nilai konsepsi bisa-bisa maandak awak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Hubungan manusia dengan manusia meliputi nilai musyawarah, penyesuaian diri, dengan konsep nilai bubuhan, Manusia dengan diri sendiri, meliputi kerja keras, dengan konsep nilai gawi manuntung, dalas balangsar dada.

Kata kunci: Nilai budaya, masyarakat Banjar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI