DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PEMERINTAH KECAMATAN SUKAMARA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKATNYA
PENGARANG:MITA INDRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-07


ABSTRAK

 

Mita Indriyani. 2022. Peran Pemerintah Kecamatan Sukamara Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakatnya. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. Zainul Akhyar, MH., (II) Muhammad Elmy S.Pd., M.Pd.

Kata kunci : Peran, Ekonomi Masyarakat, Kerupuk Ikan

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana peran pemerintah kecamatan sukamara dalam meningkatkan ekonomi masyarakatnya, apa upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Kecamatan Sukamara, dan apa hambatan yang dihadapi pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Kecamatan Sukamara. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sukamara kabupaten Sukamara.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan dengan cara memandang objek kajian sebagai suatu sistem. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder sebagai sumber data utama. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh di analisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan penelitian.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pemerintah berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan UMKM yang dilaksanakan Dinas Disperindag yaitu peningkatan pada kualitas produksi kerupuk ikan dan memperluas wilayah pemasaran sehingga ada peningkatan jumlah pesanan kerupuk ikan. (2) setelah dilakukan pengembangan UMKM pendapatan pengrajin semakin meningkat, yang biasanya dalam satu bulan terjual 50 bungkus dan sekarang disaat sepi saja bias terjual 200 sampai 300 bungkus dan ketika ramai akan meningkat menjadi 1000 bungkus yang terjual dalam satu bulan. (3) kendala yang dihadapi dalam pengembangan UMKM ini terletak pada modal dari UMKM tersebut karena mayoritas pengrajin kerupuk merupakan ibu rumah tangga dan adanya keterbatasan dalam memahami pemasaran melalui media sosial.

            Saran dalam penelitian ini yaitu masyarakat harus tetap menjaga kualitas produksi dan mampu berbagi pengalaman dengan masyarakat yang lain, serta pemerintah selalu mengawasi dan bahkan bisa mengembangkan lagi supaya kerupuk ikan khas Sukamara mampu dikenal masyarakat yang lebih luas agar lebih banyak peminat kerupuk ikan khas Sukamara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI