DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELAKSANAKAN IBADAH SEHARI-HARI (BERWUDHU) DENGAN MENGGUNAKAN PICTURE AND PICTURE DAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B2 TK NEGERI PEMBINA KUALA KAPUAS
PENGARANG:RINI ANGGRAINI SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-07


 

Anggaraini Saputri, Rini. 2022. “Upaya Mengembangkan Nilai Agama dan

 

Moral, dalam Melaksanakan Ibadah Sehari-hari (Berwudhu)

 

dengan Menggunakan Picture and Picture  dan Metode Demonstrasi pada Anak Kelompok B2 TK Negeri Pembina Kuala Kapuas”. Skripsi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidika. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dra. Ike Hananik, M. Pd.

 

Kata Kunci : Nilai Agama dan Moral, Model Picture and Picture dan Metode

 

Demonstrasi.

 

 

 

Permasalahan penelitian ini rendahnya kemampuan anak dalam meniru gerakan berwudhu anak tidak aktif dalam pengembangan, anak tidak tertib dalam melakukan demonstrasi karena anak tidak dilibatkan dalam kegiatan. Upaya pemecahan masalah ini yaitu dengan menggunakan model Picture and Picture dan metode demonstrasi. Tujuan dari pembelajaran ini yaitu mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas anak, dan menganalisis perkembangan nilai agama dan moral.

 

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok B2 TK Negeri Pembina Kuala Kapuas sebanyak 8 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 22 dengan kategori “baik”, pada pertemuan 2 mendapatkan skor 38 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas anak pada pertemuan 1 mencapai 37,5% kategori “cukup aktif”, pada pertemuan 2 meningkat menjadi 100% kategori “sangat baik”. Untuk hasil perkembangan nilai agama dan moral pada pertemuan 1 mencapai  50% dan meningkat kembali pada pertemuan 2  menjadi 100%.

 

Disimpulkan menggunakan model Picture and Picture dan metode Demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas anak dan mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral dalam meniru gerakan berwudhu pada TK Negeri Pembina Kula Kapuas. Bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih model-model pembelajaran untuk  mengembangan kemampuan nilai agama dan moral dalam meniru gerakan wudhu.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI