DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) UNTUK KLASIFIKASI NILAI TEGANGAN YANG DIHASILKAN GENERATOR PEMBANGKIT LISTRIK PADA PLTA Ir. P.M. NOOR
PENGARANG:NINDEA RAHMELIANTI
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-08-24


IMPLEMENTASI ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) UNTUK KLASIFIKASI NILAI TEGANGAN YANG DIHASILKAN GENERATOR PEMBANGKIT LISTRIK PADA PLTA Ir. P.M. NOOR (Oleh : Nindea Rahmelianti; Pembimbing : Irwan Budiman, S.T., M.Kom. dan Oni Soesanto, S.Si., M.Si; 2018; 90 Halaman)
Pencatatan nilai produksi listrik generator pembangkit listrik tenaga air Ir.P.M. Noor telah terkomputerisasi dan disimpan dalam database. Terdapat permasalahan yang timbul dari data produksi listrik yang dihasilkan dari generator pembangkit listrik ini, yaitu tidak adanya standar yang menyatakan tingkat atau status nilai yang tercatat dalam database produksi listrik tersebut merupakan tegangan rendah ataupun tegangan tinggi. Oleh karena itu, sukar untuk mengetahui bahwa terjadi penurunan nilai tegangan. Algoritma Support Vector Machine (SVM) dan metodologi SEMMA dimanfaatkan untuk membentuk pola klasifikasi tegangan listrik yang dihasilkan pada ketiga buah generator PLTA Ir. P.M. Noor berdasarkan tinggi permukaan air waduk (dam), ketinggian air di pintu pengambilan air (intake gate), dan elevasi DCC (Dam Control Center). Pada peneitian ini menggunakan rasio pembagian data 90%:10%, nilai konstanta C = 1, γ = 0.01, λ = 0.1, ???? =0.00001 dan iterasimax = 100. Pada Nilai akurasi data yang dihasilkan pada generator 1 adalah sebesar 98.70%. Kemudian pada nilai akurasi data yang dihasilkan pada generator 2 adalah sebesar 98.06%. Dan pada nilai akurasi data yang dihasilkan pada generator 3 adalah sebesar 97.57%.
Kata Kunci : Support Vector machine, SEMMA, Pola Klasifikasi, Data Mining, Tegangan Listrik, Generator, PLTA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI