DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kepemimpinan Demokratis dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Arutmin Indonesia Tambang Batubara Kintap Kab. Tanah Laut
PENGARANG:Laila Dwi Indriyani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-09


Laila Dwi Indriyani, 1810412120011, 2022, Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Arutmin Indonesia Tambang Batubara Kintap Kab. Tanah Laut. Di bawah bimbingan Siti Rusidah dan Hairudinor.

 

Karyawan merupakan salah satu SDM yang berada di perusahaan. Kinerja karyawan di Perusahaan mempunyai peran penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Karyawan harus benar-benar kompeten di bidangnya dan karyawan juga harus mampu mengabdi secara optimal. Kinerja seseorang yang baik dapat dipengaruhi oleh kepemimpinan demokratis dan motivasi kerja.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Demokratis dan Motivasi Kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 44 karyawan PT Arutmin Indonesia Tambang Batubara Kintap Kab. Tanah Laut yang diambil dengan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan di analisis dengan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, sumbangan efektif dan sumbangan relatif dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 26.

Hasil penelitian membuktikan secara parsial Kepemimpinan Demokratis berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan nilai t hitung sebesar 16,458 yang lebih besar dari nilai t tabel yang bernilai 2,015. Besar sumbangan efektif variabel Kepemimpinan Demokratis terhadap variabel Kinerja Karyawan sebesar 0,803 atau sebesar 80,30%, begitu juga Motivasi Kerja berpengaruh secara positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan nilai t hitung sebesar 3,694 yang nilainya lebih besar dari nilai tabel yang bernilai 2,015. Pada besar sumbangan efektif variabel Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan sebesar 0,147 atau sebesar 14,70%. Hasil secara simultan membuktikan adanya pengaruh signifikan Kepemimpinan Demokratis dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan F hitung sebesar 391,290 lebih besar dari F tabel 3,22.

Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa H1 : Ada Pengaruh Signifikan Secara Parsial Untuk Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan, H2 : Ada Pengaruh Signifikan Secara Parsial Untuk Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dan H3 : Ada Pengaruh Signifikan Secara Simultan Untuk Kepemimpinan Demokratis dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Demokratis, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI