DIGITAL LIBRARY



JUDUL:VALUASI EKONOMI PEMANFAATAN AIR LUBANG BEKAS TAMBANG BATUBARA (VOID) SEBAGAI SUMBER PERAIRAN MASYARAKAT (STUDI KASUS: LAHAN PASCATAMBANG PT. KADYA CARAKA MULIA)
PENGARANG:MUSLIKIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-09


        PT. Kadya Caraka Mulia merupakan salah satu perusahaan pertambangan yang menggunakan sistem tambang terbuka. Kegiatan penambangan yang berkahir akan meninggalkan lubang bekas tambang (void) yang dapat menimbulkan masalah lebih lanjut bila tidak dikelola dengan baik. Berdasarkan kenyataan, lubang bekas tambang (void) yang terbentuk, sebagian telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber daya perairan di anataranya sebagai sumber air pertanian, sumber air mandi, cuci, dan kakus, dan tempat pemancingan.

        Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas air lubang bekas tambang batubara (void) PT. Kadya Caraka Mulia yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, dan menganalisis valuasi ekonomi pemanfaatan air dari lubang bekas tambang batubara (void)  PT. Kadya Caraka Mulia sebagai sumber daya air untuk masyarakat sekitar.

         Penelitian ini dilaksanakan dilahan pascatambang PT. Kadya Caraka Mulia yang secara administratif berada di Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Pengaron, Kecamatan Sambung Makmur, dan Kecamatan Matraman Kabupaten Banjar, Propinsi Kalimantan Selatan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil sampel air dari 8 lubang bekas tambang batubara (void) PT. Kadya Caraka Mulia dan masyarakat pengguna air void yang berada di Desa Kumbung, Desa Batubalian dan Desa Sungai Langsat. Untuk menganalisis status mutu air , digunakan metode storet berdasarkan KepMen LH 115 Tahun 2003 dan mengklasifikasikan kualitas air void berdasarkan pemanfaatannya yaitu air kelas I dan air kelas II sesuai PP No. 22 Tahun 2021. Untuk valuasi ekonomi, digunakan pendekatan teknik pasar dan Travel Cost Method (TCM).

        Berdasarkan hasil penelitian diketahui parameter yang belum memenuhi baku mutu air kelas I pada air void sebagai sumber air untuk rumah tangga: mandi, cuci dan kakus yaitu pH, Mn, F, total coliform dan escherichia coli. Parameter yang belum  memenuhi baku mutu air kelas II pada void sebagai sumber air untuk pertanian padi sawah dan perikanan sebagai tempat pemancingan yaitu pH, total coliform, dan escherichia coli. Nilai Storet air void pemanfaatan  PT. Kadya Caraka Mulia dari 8 void yang telah dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber air rumah tangga untuk mandi, cuci, dan kakus, sumber air pertanian dan perikanan termasuk dalam kelas B (skor -3 s/d -8) yaitu katagori tercemar ringan. Nilai Ekonomi total pemanfaatan air void adalah penggabungan antara nilai air untuk rumah tangga, saluran irigasi pertanian padi sawah, pemanfaatan air untuk perikanan sebagai pariwisata tempat pemancingan dan pemanfaatan air void sebagai embung masyarakat adalah Rp. 489.698.015/tahun.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI