DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Bungkil Inti Sawit Terhidrolisis dalam Rantum Terhadap Kualitas Eksterior dan Interior Telur Ayam Petelur
PENGARANG:YESI MISLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-12


Yesi Misliani. Penggunaan Bungkil Inti Sawit Terhidrolisis dalam Ransum Terhadap Kualitas Eksterior dan Interior Telur Ayam Petelur, dibimbing oleh Dr. Ika Sumantri, S.Pt., M.Si., M.Sc., IPM dan Dr. Ir. Nursyam A.S., M.P. Penelitian ini dilaksanakan di CV Sungai Sipai dan Laboratorium pada bulan Februari sampai April 2022. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan BIS terhidrolisis terhadap kualitas eksterior dan interior telur ayam ras petelur dan untuk mengetahui tingkat penggunaan BIS terhidrolisis optimum dalam ransum untuk memperoleh kualitas eksterior dan interior telur ayam petelur yang terbaik. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan empat perlakuan dan lima ulangan dengan setiap ulangan terdiri atas empat ekor ayam petelur betina sehingga jumlah ayam yang digunakan 80 ekor. Perlakuan penelitian adalah dengan tingkat penggunakan bungkil inti sawit terhidrolisis dalam ransum. Ayam yang digunakan berumur 50 minggu. Ayam petelur dipelihara dalam kandang sistem bateraiBerdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan BIS terhidrolisis hingga 30% untuk menggantikan jagung, tidak berpengaruh nyata terhadap berat telur, tebal kerabang, nilai HU, dan warna kuning telur. Peningkatan penggunaan BIS terhidrolisis secara sangat nyata meningkatkan nilai indeks putih telur. Penggunaan 30% BIS terhidrolisis tidak mempengaruhi kualitas eksterior dan interior telur, maka disarankan BIS terhidrolisis dapat digunakan hingga 30% sebagai sumber energi dan protein pada ransum ayam petelur. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI