DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:ANITA RAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-12


ABSTRAK

Anita Rahma, 1710411320005, 2022, Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan

Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu

Sungai Tengah. Dibawah bimbingan Erma Ariyani.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik dalam

pembuatan akta kelahiran dan faktor-faktor yang menghambat kualitas pembuatan akta

kelahirandi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan

kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara,

dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas

Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebagai informan

utama, serta pegawai bidang pencatatan sipil , dan 3 orang masyarakat pengguna

layanan sebagai informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan dibagi

menjadi beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan

kesimpulan.

Penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukandan

Pencatatan Sipil di Kabupaten Kabupaten Hulu Sungai Tengah dinilai dari beberapa

dimensi, yaitu (1) dimensi reliability, pegawai melakukan pelayanan dengan cepat dan

memuaskan, persyaratannya mudah dan tidak ada biaya, (2) dimensi tangible, fasilitas

pendukung pelayanan di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Hulu

Sungai Tengah sudah cukup memadai dan memuaskan masyarakat, (3) responsivenes,

dalam menanggapi keluhan dari masyarakat dan saat masyarakat menghadapi

kesulitan/kebingungan dalam mengurus layanan masih ada yang kurang memenuhi SOP

dan ketentuan, (4) assurance, kemampuan pegawai dan kecermatan petugas dalam

memberikan pelayanan sudah sangat terampil dan cermat, dan (5) empathy, keramahan

dan kesopanan pegawai dan juga kemampuan petugas dalam memahami keinginan

dalam memberikan pelayanan sudah memuaskan , petugas tidak membeda-bedakan

status.

Faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas

Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah ialah sarana

prasarana, lahan parkir yang kurang rapi serta mesin pendingin yang sudah rusak,

Kendala kedua ialah kesadaran masyarakat karena kesadaran masyarakat akan

pentingnya tertib administrasi kependudukan masih rendah, Kendala terakhir adalah

keterbatasan jumlah tenaga SDM di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil

Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk membantu proses penyelesaian pelayanan akta

kelahiran.

Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain memberikan rasa aman dan

nyaman bagi pengguna layanan serta dapat tercapai pelayanan yang sesuai dengan

harapan masyarakat sebagai pengguna layanan dengan melakukan pendataan sarana

prasarana, inventarisasi sarana prasarana, penataan sarana prasarana. Dinas

Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga akan

mensosialisasikan kepada masyarakat tehadap pentingnya akan tertib administrasi

kependudukan.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI