DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH | |
PENGARANG | : | ANITA RAHMA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-09-12 |
ABSTRAK
Anita Rahma, 1710411320005, 2022, Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan
Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu
Sungai Tengah. Dibawah bimbingan Erma Ariyani.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik dalam
pembuatan akta kelahiran dan faktor-faktor yang menghambat kualitas pembuatan akta
kelahirandi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebagai informan
utama, serta pegawai bidang pencatatan sipil , dan 3 orang masyarakat pengguna
layanan sebagai informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan dibagi
menjadi beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukandan
Pencatatan Sipil di Kabupaten Kabupaten Hulu Sungai Tengah dinilai dari beberapa
dimensi, yaitu (1) dimensi reliability, pegawai melakukan pelayanan dengan cepat dan
memuaskan, persyaratannya mudah dan tidak ada biaya, (2) dimensi tangible, fasilitas
pendukung pelayanan di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Hulu
Sungai Tengah sudah cukup memadai dan memuaskan masyarakat, (3) responsivenes,
dalam menanggapi keluhan dari masyarakat dan saat masyarakat menghadapi
kesulitan/kebingungan dalam mengurus layanan masih ada yang kurang memenuhi SOP
dan ketentuan, (4) assurance, kemampuan pegawai dan kecermatan petugas dalam
memberikan pelayanan sudah sangat terampil dan cermat, dan (5) empathy, keramahan
dan kesopanan pegawai dan juga kemampuan petugas dalam memahami keinginan
dalam memberikan pelayanan sudah memuaskan , petugas tidak membeda-bedakan
status.
Faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas
Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah ialah sarana
prasarana, lahan parkir yang kurang rapi serta mesin pendingin yang sudah rusak,
Kendala kedua ialah kesadaran masyarakat karena kesadaran masyarakat akan
pentingnya tertib administrasi kependudukan masih rendah, Kendala terakhir adalah
keterbatasan jumlah tenaga SDM di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil
Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk membantu proses penyelesaian pelayanan akta
kelahiran.
Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain memberikan rasa aman dan
nyaman bagi pengguna layanan serta dapat tercapai pelayanan yang sesuai dengan
harapan masyarakat sebagai pengguna layanan dengan melakukan pendataan sarana
prasarana, inventarisasi sarana prasarana, penataan sarana prasarana. Dinas
Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga akan
mensosialisasikan kepada masyarakat tehadap pentingnya akan tertib administrasi
kependudukan.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiran
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI