DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT AUTONOMY BASED STEM LEARNING PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK
PENGARANG:SITI MAISARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-12


Di era teknologi dan informasi saat ini, literasi digital menjadi salah satu kunci
kesuksesan hidup dan berkarir, namun literasi tersebut kurang mendapatkan
perhatian di sekolah. Penelitian bertujuan menghasilkan perangkat
autonomy based
STEM learning
pada materi gelombang bunyi yang layak untuk meningkatkan
literasi digital peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan khusus yaitu
mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat
autonomy based
STEM learning
pada materi gelombang bunyi yang untuk meningkatkan literasi
digital peserta didik. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan dengan
model
ADDIE. Subjek uji cobanya ialah 29 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN
5 Banjarmasin. Data diperoleh dari lembar validasi, lembar keterlaksanaan RPP,
angket respon peserta didik, angket literasi digital, dan tes hasil belajar. Data
dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan:
(1) Perangkat termasuk valid karena hasil validasi RPP, materi ajar, LKPD, THB,
angket respon peserta didik, dan angket literasi digital berkategori sangat valid; (2)
Perangkat termasuk praktis karena keterlaksanaan RPP dan respon peserta didik
memenuhi kategori praktis; dan (3) Perangkat yang dikembangkan juga termasuk
efektif karena
n-gain THB sebesar 0,85 berkategori tinggi dan n-gain literasi digital
sebesar 0,74 berkategori tinggi. Dengan demikian, perangkat
autonomy based
STEM learning
yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan literasi
digital peserta didik dalam pembelajaran fisika.
Kata kunci: Autonomy based STEM learning, hasil belajar, literasi digital.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI