DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DIPADU STEM PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK
PENGARANG:JULISSA RURI ALYSPA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-12


Literasi digital peserta didik masih sangat kurang, sehingga tujuan penelitian ini
adalah menghasilkan perangkat
PBL dipadu STEM topik usaha dan energi yang
layak untuk meningkatkan literasi digital peserta didik. Perangkat yang
dikembangkan terdiri dari RPP, materi ajar, LKPD, THB, dan angket literasi digital.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan
ADDIE dan uji coba
menggunakan
one-group pre-test post-test design. Subjek uji coba adalah 24
peserta didik kelas X PMIA 1 SMAN 3 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Perangkat termasuk valid karena hasil validasi RPP, materi ajar, LKPD,
THB, dan angket literasi digital memenuhi kategori valid; (2) Perangkat termasuk
praktis, karena RPP dan respon peserta didik memenuhi kategori praktis; dan (3)
Perangkat termasuk efektif, karena peningkatan literasi digital dan hasil belajar
peserta didik dalam kategori tinggi. Dengan demikian, perangkat
PBL dipadu
STEM yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan literasi digital peserta
didik dalam pembelajaran fisika.
Kata kunci: Hasil belajar, literasi digital, PBL, STEM.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI