DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI SISWA TERHADAP HAK WARGA NEGARA BERDASARKAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:M. YUDHA PERDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-14


ABSTRAK

M. Yudha Perdana, 2022. Persepsi Siswa Terhadap Hak Warga Negara Berdasarkan Status Sosial Ekonomi Keluarga di SMAN 8 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) H. Sarbaini (II) Muhammad Elmy.

 

Kata Kunci :  Hak Warga Negara, Status Sosial Ekonomi Keluarga

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggali persepsi siswa terhadap hak warga negara (2) menganalisis persepsi siswa terhadap hak warga negara berdasarkan status sosial ekonomi keluarga di SMAN 8 Banjarmasin (3) memberikan upaya untuk meningkatkan pengetahuan, dan penerapan hak siswa sebagai warga negara.

Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kuantitatif. Data yang diperoleh dari populasi sampel penelitian dianalisis dengan skala likert yang digunakan lalu di interpretasikan. Metode dalam penelitian ini adalah metode survey teknik angket dan wawancara. Populasi adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII SMAN 8 Banjarmasin terdiri dari 25 kelas jumlah siswa adalah 903. Yang dijadikan sampel pada penelitian ini ialah berjumlah 90 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan random sampling.

Hasil penelitian sebagai berikut: 1). Persepsi siswa terhadap pengetahuan hak warga negara 93.67% berada pada tingkat “Sangat Baik”. 2). Persepsi siswa berdasarkan status sosial ekonomi keluarga 90,46% berada pada tingkat “ Sangat Baik”.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI