DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS IPS KELAS VII MATERI KONDISI ALAM INDONESIA DENGAN KOMPETENSI DASAR
PENGARANG:RUNI MULIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-15


Buku teks sebagai bahan ajar berisikan materi yang memuat penjelasan untuk mendukung ketercapaian tujuan pendidikan. Materi dalam buku teks harus terstandar dan sesuai dengan ketentuan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum 2013 revisi 2017 kelas VII dengan Kompetensi Dasar. Mengenai hal tersebut pada penelitian ini terdapat tujuan penelitian masalah yakni (1) Deskripsi Kondisi Alam Indonesia, (2) Analisis kesesuaian materi Kondisi Alam Indonesia dengan Kompetensi Dasar.

       Penelitian ini menggunakan desain penelitian Studi Literatur dengan metode pengumpulan data pustaka dan objek penelitian digali dari berbagai informasi kepustakaan. Studi Literatur digunakan untuk mendeskripsikan penelitian ini dengan menggunakan sumber dari jurnal, buku ataupun ebook dan tugas akhir yang terkait dengan masalah penelitian. Studi Literatur ini disintesis menggunakan metode Miles dan Huberman yakni reduksi data, menyajikan data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.  

       Hasil penelitian mendeskripsikan (1) Materi dalam sub tema Kondisi Alam Indonesia memuat pembahasan tentang keadaan fisik wilayah serta keadaan flora dan fauna di Indonesia, (2) Materi dalam buku teks masih perlu ditambahkan untuk mencapai kriteria yang ideal dalam menentukan keberhasilan proses belajar dan pembelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut  untuk mencari referensi lain sebagai bahan ajar agar mempermudah peserta didik memahami materi ajar sehingga tujuan pembelajaran yang baik dapat tercapai untuk suatu keberhasilan pendidikan. 

Kata Kunci: Analisis Kesesuaian, Buku Teks, Ilmu Pengetahuan Sosial.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI