DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PELAYANAN KELURAHAN DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN USAHA (SKU) (Studi di Kantor Kelurahan Belitung Utara Kota Banjarmasin)
PENGARANG:ALDAM TAZELI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-19


ABSTRAK

Aldam Tazeli. 1710413310005. Kinerja Pelayanan Kelurahan dalam Pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) (Studi di Kantor Kelurahan Belitung Utara Kota Banjarmasin). Dibawah bimbingan Jamaluddin.

Pada dasarnya setiap manusia tidak lepas dari yang namanya suatu pelayanan, kebutuhan manusia merupakan suatu rasa yang timbul secara alami dari dalam diri manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang diperlukan dalam kehidupannya.Pelayanan merupakan bentuk konkret pemerintahan dalam melayani masyarakatnya. Pemerintahan sebagai penyedia pelayanan tentunya harus melaksanakan pelayanan publik secara optimal untuk menghasilkan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan di Kantor Kelurahan Belitung Utara Kota Banjarmasin yang dituntut memiliki peran maksimal untuk menjalankan tugasnya, dalam pelayanan administratif khususnya dalam pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU). Metode penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Informan dipilih dengan cara snowball dan menemukan 13 informan. Teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilaksanakan pada bulan Januari hingga Februari 2022. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian dengan menggunakan teori indikator kinerja oleh Agus Dwiyanto, yang terdiri dari produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas.

Hasil penelitian menemukan bahwa kinerja pelayanan di Kantor Kelurahan Belitung Utara Kota Banjarmasin dalam pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) sudah optimal dan baik. Hal tersebut dikatakan optimal dan baik karena dalam menjalankan tugas serta fungsinya sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang terdapat dalam kebijakan dan peraturan yang ditetapkan. Dapat dilihat dari teori Agus Dwiyanto, yang telah terpenuhi terdiri dari produktivitas dengan adanya pelayanan tanpa biaya dan kecepatan penyelesaian. Kualitas pelayanan dengan adanya kepuasan masyarakat, responsivitas yang telah memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik. Responsibilitas dengan adanya pelayanan yang penuh tanggung jawab dan akuntabilitas sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.     

Berdasarkan hasil penelitian, di Kantor Kelurahan Belitung Utara dapat meningkatkan dan mempertahankan mutu kualitas dari kinerja pelayanan untuk menjaga kerekatan antara petugas pelayanan dan masyarakat agar terciptanya suatu pelayanan yang lebih baik. Kepada seluruh masyarakat Kelurahan Belitung Utara agar bisa lebih aktif dan sigap dalam menerima penyesuaian perubahan dan perkembangan pelayanan yang semakin pesat.

Kata kunci     : Kinerja, Pelayanan, Surat Keterangan Usaha (SKU)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI