DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN
PENGARANG:Winda Fitrianingtyas
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-19


Penelitian menunjukkan pengaruh dari kualitas sumber daya manusia yang diukur dengan indikator-indikator dari indeks pembangunan manusia terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder dengan jenis kuantitatif yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik pada masing-masing provinsi di Kalimantan dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2021. Data yang dimaksud merupakan data metode baru dari rata-rata lama sekolah, umur harapan hidup saat lahir, pengeluaran per kapita, dan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini memakai metode Ordinary Least Square menggunakan data panel dari 5 provinsi di Kalimantan tahun 2013 sampai dengan tahun 2021 dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.

Penelitian ini menunjukkan secara parsial tingkat pendidikan berpengaruh secara signifikan dan hubungannya negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Kalimantan, sedangkan kesehatan tidak berpengaruh secara signifikan dan hubungannya negatif, dan ekonomi memiliki pengaruh secara signifikan dan hubungannya positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan. Secara simultan, ketiga variabel bebas mempunyai pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan. Variabel yang memberikan pengaruh  paling signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi ialah ekonomi.

Kata Kunci: Metode Baru Rata-rata Lama Sekolah, Umur Harapan Hidup Saat Lahir, Pengeluaran Per Kapita, Pertumbuhan Ekonomi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI