DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), VISUAL AUDITORY KINESTETIK (VAK) DAN MAKE A MATCH PADA MUATAN IPS TEMA 8 KELAS V DI SDN PEKAUMAN 1
PENGARANG:NOR FADILLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-19


Fadilla, Nor. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Visual Auditory Kinestetik (VAK) dan Make A Match Pada Muatan IPS Tema 8 Kelas V di SDN Pekauman. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

Kata Kunci : Hasil Belajar, Group Investigation, Visual Auditory Kinestetik dan Make A Match.

 

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penyebab dari masalah tersebut adalah pembelajaran kurang menarik perhaian siswa, siswa masih kesulitan dalam memahami  materi pembelajaran, siswa kurang terlibat dalam kegiatan berkelompok, pembelajaran yang dilakukan kurang memicu keterampilan siswa dalam berpikir kritis dan mengomunikasikan. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Visual Auditory Kinestetik dan Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kualitas aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus. Setting penelitian dilakukan di SDN Pekauman 1 pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 15 orang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan pada muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Visual Auditory Kinestetik dan Make A Match pada siklus IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 94 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 90,21 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik ketuntasan mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Visual Auditory Kinestetik dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Group Investigation, Visual Auditory Kinestetik dan Make A Match dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI