DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), dan Dividend Payout Ratio (DPR) Terhadap Harga Saham (Pada Perbankan Konvensional Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020)
PENGARANG:Ester Sri Handayani Gea
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-19


Ester Sri Handayani Gea, 1810412620011, 2022, Pengaruh Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), dan Dividend Payout Ratio (DPR) Terhadap Harga Saham Pada Perbankan Konvensional Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020. Dibawah bimbingan Siti Rusidah.

  Industri Perbankan mendominasi sektor keuangan Indonesia sehingga menimbulkan ketergantungan pada perbankan sebagai sumber pembiayaan pembangunan dan perekonomian Indonesia. Perbankan juga mempunyai peranan sangat besar dalam memajukan perkembangan pasar modal dan mendukung setiap kegiatan yang ada demi kelancaran transaksi pasar modal di Bursa Efek Indonesia sebagai cerminan kepercayaan investor dalam stabilitas sistem keuangan Indonesia.

        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh signifikan secara parsial dan simultan Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), dan  Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Harga Saham pada Perbankan Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020.

       Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Laporan Keuangan Perbankan Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2016-2020 dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 6 perusahaan perbankan yang layak dijadikan sampel dengan periode pengamatan 5 tahun dengan total 30 sampel laporan keuangan Perbankan Konvensional. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS Versi 26.0.

    Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Harga Saham dengan tingkat signifikansi 0,01 < 0,05 dan nilai sumbangan efektif sebesar 65,8%. Net Profit Margin (NPM) berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Harga Saham dengan tingkat signifikansi 0,287 > 0,05  dan nilai sumbangan efektif 16%. Dividend Payout Ratio (DPR) berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Harga Saham dengan tingkat signifikansi 0, 594 > 0,05 dan nilai sumbangan efektif -1%. Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), dan Dividend Payout Ratio (DPR) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Harga Saham dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan total nilai sumbangan efektif 80,8% dengan tingkat hubungan sangat kuat.

        Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 1 (H1) diterima pada Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham, Hipotesis 2 (H2) ditolak pada Net Profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham dan Hipotesis 3 (H3) ditolak pada Harga Saham dan Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Harga Saham.

 

Kata Kunci : Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), Dividend Payout Ratio (DPR), dan Harga Saham.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI