DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DETERMINAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM KECAMATAN BARABAI
PENGARANG:Ahmad Rahmatillah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-20


Ahmad Rahmatillah (2022). “Determinan Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM Kecamatan Barabai”. Pembimbing: Ayu Oktaviani, SE, M.Si, Ak, CA

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi pada umkm kecamatan barabai; (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi pada umkm kecamatan barabai; (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada umkm kecamatan barabai; (4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepatuhan terhadap peraturan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada umkm kecamatan barabai.

Responden penelitian adalah 98 UMKM di Kecamatan Barabai yang dispesifikasikan melalui demografi tempat tinggal (domisili) yaitu 12 desa dan 6 kelurahan di Kecamatan Barabai serta adanya pembagian kriteria di setiap Desa dan Kelurahan tersebut berdasarkan kriteria usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh positif pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi. Temuan lain dalam penelitian ini adalah tidak adanya pengaruh dari variabel skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Sementara untuk variabel latar belakang pendidikan juga tidak terdapat pengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi. Dan hasil temuan terakhir untuk variabel kepatuhan terhadap peraturan menunjukan bahwa adanya pengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Kata Kunci: Penggunaan Informasi Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Skala Usaha, Latar Belakang Pendidikan, Kepatuhan Terhadap Peraturan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI