DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, NET PROFIT MARGIN, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI TAHUN 2017 – 2020
PENGARANG:Rivaldo Sthevanus Rusli
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-20


Rivaldo Sthevanus Rusli (2022), Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin, Dan Return On Equity Terhadap harga saham Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Tahun 2017 – 2020.

Pembimbing:  Dra. Hj. Isnawati MM, Ak, CA

            Harga saham dapat diartikan sebagai tingkat ukuran kinerja keuangan perusahaan guna mengukur kinerja keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu dan menentukan pekutusan investor untuk mau berinvestasi ke perusahaan tersebut ataupun tidak. Peningkatan harga saham menentukan kualitas dan kelayakan perusahaan untuk dapat diinvestasikan. Harga saham perusahaan dapat dilihat pada indeks harga saham yang ada di laman Bursa Efek Indonesia.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui current ratio, debt to equity ratio, net profit margin, dan return on equity terhadap harga saham perusahaan. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dimana terdapat 75 perusahaan. Teknik pemilihan sampel menggunkan purposive sampling dengan kriteria tertentu, sehingga diperoleh 30 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa return on equity berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan current ratio, debt to equity ratio, dan net profit margin secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham.

Kata Kunci: Harga saham, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Return on Equity

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI