DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mekanisme Tata Kelola Perusahaan Dan Pengaruhnya Terhadap Return On Assets (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2017-2020
PENGARANG:NOORFITRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-20


ABSTRAKSI

 

Noorfitriana (2022). Mekanisme Tata Kelola Perusahaan Dan Pengaruhnya Terhadap Return On Assets (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2017-2020). Pembimbing: Dr. Hj. Ade Adriani, SE, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mekanisme Tata Kelola Perusahaan yang terdiri dari komisaris independen, kepemilikan institusional, struktur kepemilikan manajerial, komite audit, dan dewan direksi terhadap Return on Assets, yang dilakukan pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2017-2020.

Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian kausal Komparatif. Jumlah sampel penelitian14Bank Umum Syariah yang dipilih menggunakan non probablity sampling method dengan teknik purpose sampling. Data penelitian seluruhnya menggunakan sumber data sekunder yang dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi secara manual pada website Bank Umum Syariah di Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda.

Hasil penelitian membuktikan Mekanisme Tata Kelola Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap ROA pada Bank Umum Syariah di Indonesia dengan nilai prediksi 60,1%. Secara individual hanya variabel kepemilikan institusional dan variabel kepemilikan manajerialyang terbukti berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets. Sedangkan variabel komisaris independen, komite audit dan dewan direksi berpengaruh tetapitidak signifikan terhadap Return On Assets.

Kata Kunci: Return On Assets, komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit dan dewan direksi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI