DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Statistika Kelas VIII dengan Pendekatan Kontekstual Lahan Basah
PENGARANG:SYAHRIL HANLA AZIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-21


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN LAHAN BASAH (Oleh: Syahril Hanla Azis; Pembimbing: Harja Santana Purba, Yuni Suryaningsih; 2022; 91 halaman).

ABSTRAK

Pandemi Covid-19 memaksa dunia untuk semakin mengandalkan teknologi informasi di berbagai bidang, tidak terkecuali dunia pendidikan. Proses pembelajaran dituntut untuk dilaksanakan secara daring sehingga peserta didik harus lebih banyak belajar mandiri tanpa bimbingan dan pengawasan langsung oleh guru. Namun karena masih terbatasnya media pembelajaran yang digunakan sebagai sarana pembelajaran membuat peserta didik lebih cepat jenuh yang mana mengakibatkan pembelajaran mandiri semakin kurang efektif. Penelitian bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi statistika dengan pendekatan kontekstual lahan basah untuk kelas VIII SMP; dan (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Teknologi yang digunakan untuk pengembangan adalah NextJS, ReactJS, Cloud Firestore, Firebase Authentication, dan lainnya yang berbasis web untuk membantu pengembangan media interaktif ini. Media pembelajaran interaktif telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum diimplementasikan di SMP Negeri 15 Banjarmasin. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) media dikatakan valid berdasarkan hasil validitas yang sangat tinggi dari segi validitas materi sebesar 87,5%  dan validitas media sebesar 90,3% ; b) hasil respon guru dan siswa terbilang sangat positif sehingga media dapat dikatakan praktis; dan c) media dikatakan efektif berdasarkan analisis data hasil belajar siswa yang melampaui KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan paparan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media yang telah dikembangkan layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Konteks Lahan Basah, Statistika,
                  ADDIE  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI