DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEEFEKTIVAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERINTEGRASI MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KERJASAMA, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI IPA SMAN 11 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:Novi Sardadevi
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-01


Telah dilakukan penelitian tentang keefektivan strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi multiple intelligence pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan kerjasama, (2) motivasi dan (3) hasil belajar siswa antara kelas dengan penerapan strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi multiple intelligence dan kelas dengan penerapan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 11 Banjarmasin. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan control group pre-test-post-test design. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kerjasama dan motivasi siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Analisis inferensial menggunakan uji-t untuk menganalisis perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan kerjasama antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (2) terdapat perbedaan motivasi antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (3) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Kata kunci: pembelajaran kolaboratif, kemampuan kerjasama, motivasi, hasil belajar kognitif, hidrolisis garam

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI