DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Bank Swasta Nasional Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2020
PENGARANG:ELFANDA FRISTA ARVIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-21


Elfanda Frista Arviana, 1810412620039, 2022, Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Bank Swasta Nasional Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2020. Dibawah bimbingan Saladin Ghalib. Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang mempunyai peranan penting di dalam perekonomian suatu negara. Tujuan utama bank yaitu mencapai tingkat profitabilitas yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh secara parsial dan simultan antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Assets (ROA) Bank Swasta Nasional Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2020.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan perbankan Bank Swasta Nasional dengan  menggunakan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa data dari Otoritas Jasa Keuangan dan laporan keuangan yang diperoleh dari  masing-masing Bank Swasta Nasional periode 2016-2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan studi kasus, yaitu dengan mencatat dan mengumpulkan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

            Hasil penelitian membuktikan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) dengan besar pengaruh 0,713 atau sebesar 71,3%. Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return On Assets (ROA)  dengan besar pengaruh 0,882 atau sebesar 88,2%. Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return On Assets (ROA)  dengan besar pengaruh 0,011 atau sebesar 1,1%. Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) dengan besar pengaruh 0,556 atau sebesar 55,6%.

Kata Kunci:   Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR),

Non Performing Loan (NPL), Return On Assets (ROA)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI