DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL DALAM SIKAP PERCAYA DIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN METODE SOSIODRAMA DENGAN MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK KELOMPOK B2 DI UPTD TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KURAU KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:WIDAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-22


ABSTRAK

Widayanti. 2022. Mengembangkan Aspek Sosial Emosional dalam Sikap Percaya Diri melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Sosiodrama dengan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B2 di UPTD TK Negeri Pembina Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd

Kata Kunci: Sosial Emosional, Sikap Percaya Diri, Project Based Learning, Sosiodrama, Media Loose Parts.

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan sosial emosional anak pada kelompok B2 dalam sikap percaya diri. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang kurang mengoptimalkan sikap percaya diri anak dengan baik, metode pembelajaran yang digunakan lebih berorientasi pada guru, serta media pembelajaran yang cenderung menggunakan bahan sintetis dan kurang variatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan sosial emosional anak.

            Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B2 UPTD TK Negeri Pembina Kurau yang berjumlah  16 orang anak (6 laki-laki dan 10 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan sosial emosional. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria baik dan sangat baik. Aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase 100% kategori sangat aktif dan hasil perkembangan minimal 80% dan mencapai nilai bintang 3 dan 4.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pertemuan ke-1 dengan skor 16 dengan kategori “Baik”, pertemuan ke-2 dengan skor 18 dengan kategori “Baik”, pertemuan ke-3 dengan skor 21 dengan kategori “Sangat Baik” dan pertemuan ke-4 dengan skor 22 dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Aktivitas Anak pertemuan ke-1 dengan persentase 31,25% kategori “kurang aktif”, pertemuan ke-2 dengan persentase 56,25% kategori “cukup aktif”, pertemuan ke-3 dengan persentase 75% kategori “aktif”, dan pertemuan ke-4 dengan persentase 87,5% kategori “sangat aktif”. (3) Hasil perkembangan sosial emosional pada pertemuan terakhir mencapai 87,5% anak yang berhasil dengan mendapatkan (BSH) dan (BSB).

            Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning dan metode sosiodrama dengan media loose parts dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak dengan sangat baik dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

ABSTRAK

Widayanti. 2022. Developing Social Emotional Aspects in Self-Confidence through Project Based Learning and Sociodrama Methods with Loose Parts Media for Children in Group B2 at the UPTD TK Negeri Pembina Kurau, Tanah Laut Regency. Thesis for Early Childhood Education Teacher Program. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University Banjarmasin, Supervisor Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd

Keywords: Social Emotional, Self-Confidence, Project Based Learning, Sociodrama, Loose Parts Media.

The problem in this research is the result of children’s social emotional development in group B2 in self-confidence. This is due to the learning model that does not optimize the child’s self-confidence well, the learning method used is more teacher-oriented, and the learning media tends to use synthetic materials and is less varied. The purpose of this study was to describe teacher activities, children’s activities and the results of children’s social emotional development.

This research approach uses a qualitative type of classroom action research, carried out in 4 meetings, the research setting is on group B2 UPTD TK Negeri Pembina Kurau children, totaling 16 children (6 boys and 10 girls). Data collection techniques using observation, documentation and interviews as well as assessment of aspects of social emotional development. Indicators of the success of teacher activities are said to be good criteria. The average class activity of children with a percentage of 100% in the very active category and a minimum development result of 80% and reaching 3 and 4 star values.

The results showed that (1) the activities of the teachers in the 1st meeting with a score of 16 in the “Good” category, the 2nd meeting with a score of 18 in the “Good” category, the 3rd meeting with a score of 21 in the “Very Good” category and meeting 4th with a score of 22 in the “Very Good” category. (2) Children’s activities in the 1st meeting with a percentage of 31,25% in the “less active” category, the 2nd meeting with a percentage of 56,25% in the “quite active” category, the 3rd meeting with a percentage of 75% in the “active” category, and the 4th meeting with a percentage of 87,5% in the “very active” category. (3) The results if social emotional development at the last meeting reached 87,5% of children who succeeded by getting (BSH) and (BSB). 

 

Based on the results of the study, it can be concluded that the project based learning model and the sociodrama method with loose parts media can increase the activity and developmental outcomes of children very well and are very active. It is recommended that school principals, teachers and researchers can further input information to improve learning in children.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI