DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengelolaan Prioritas Belanja Desa Pada Dana Desa Kota Raden Hulu Kabupaten Hulu Sungai Utara
PENGARANG:Novita Sari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-22


ABTRAKSI

Novita Sari (2022). Pengelolaan Prioritas Belanja Desa Pada Dana Desa Kota Raden Hulu Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pembimbing Dr. Saipudin, SE., M.Si, Ak.CA

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui preferensi dari kriteria untuk menentukan prioritas belanja desa pada dana desa Kota Raden Hulu Kabupaten Hulu Sungai Utara. (2) Mengetahui prioritas belanja desa yang tepat dalam membangun desa Kota Raden Hulu Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Responden dalam penelitian ini ada 10 responden yang dianggap berpengaruh terhadap penentuan belanja desa di Desa Kota Raden Hulu yang digunakan dalam pengolahan data menggunakan metode Analytical Hierarchy Process.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria alternatif RPJMDes, Potensi Desa dan Permasalahan Desa mempengaruhi penentuan prioritas belanja desa dengan urutan nilai preferensi 54% Permasalahan Desa , 30% RPJMDesdan 16% Potensi Desa. Berdasarkan kriteria alternatif tersebut preferensi pemilihan prioritas belanja Desa pembangunan Desa 42%, pemberdayaan pembangunan Desa 32%, pembinaan masyarakat 18% dan penyelenggaraan pemerintahaan Desa 8%. Dengan kesimpulan yang paling dominan adalah  pembangunan desa sebesar 42%.

Kata Kunci:  Pengelolaan, Prioritas, Belanja Desa, Dana Desa, Metode AHP.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI