DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MELALUI KEGIATAN FUN COOKING BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KELOMPOK B TK NEGERI BARAMBAI
PENGARANG:Novia Sulistiawati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-23


Sulistiawati, Novia. 2022. “Mengembangkan Kreativitas Menggunakan Model Project Based Learning Melalui Kegiatan Fun Cooking Berbasis Budaya Lokal Di Kelompok B TK Negeri Barambai”. Skripsi, Program S1 PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen pembimbing Chresty Anggreaini, M.Pd.

Kata Kunci : Kreativitas, Model Project Based Learning, Fun Cooking, dan Budaya Lokal.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kreativitas anak, masih banyak anak yang belum memiliki ide sendiri, belum dapat mengungkapkan idenya, anak-anak masih bergantung dengan guru, dan kemampuan imajinasinya yang rendah, hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan monoton dan prasarana yang kurang memadai sehingga anak kurang mampu mengekspresikan kreativitas dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan dalam meningkatkan kreativitas anak menggunakan Model project based learning melalui kegiatan fun cooking berbasis budaya lokal.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Negeri Barambai yang berjumlah 14 anak. Jenis data menggunakan data kualitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan lembar observasi dan rubrik. Indikator keberhasilannya yaitu aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Aktif”, dan hasil perkembangan anak mencapai kategori “Berkembang Sesuai Harapan”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil kreativitas anak pada siklus II memperoleh nilai 73% dengan kriteria “Berkembang Sesuai Harapan”. Aktivitas anak pada siklus II memperoleh nilai 79% dengan kriteria “Aktif”. Aktivitas guru pada siklus II memperoleh nilai 70% dengan kriteria “Sangat Baik”.

 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Jika menggunakan Model Project Based Learning melalui kegiatan fun cooking berbasis budaya lokal dapat meningkatkan kreativitas anak pada Kelompok B di TK Negeri Barambai dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunnakannya sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan kreativitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI