DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN DINAMIKA POPULASI RAJUNGAN (PORTUNUS PELAGICUS) YANG TERTANGKAP DENGAN JARING RAJUNGAN (BOTTOM SET GILL NET) DI DESA TANJUNG SERUDUNG KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:YUSRIL AHMADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-23


ABSTRAK

Yusril Ahmadi Program Studi Perikanan Tangkap, Kajian Dinamika Populasi Rajungan (Portunus pelagicus) Yang Tertangkap Dengan Jaring Rajungan (Bottom set gill net) Di Desa Tanjung Serudung Kabupaten Kotabaru di bawah bimbingan Ir. Irhamsyah M,Si. Sebagai Ketua Pembimbing dan Eka Anto Supeni Sebagai Anggota Pembimbing.

Desa Tanjung Serudung memiliki luas wilayah 15 km2 dan jumlah penduduk 466 jiwa dan kepadatan 32 jiwa/km2. Tanjung Serudung juga kaya akan potensi laut Perikanan dan sumber daya alamnya. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi desain dan kontruksi jaring rajungan (Portunus pelagicus), mengkaji pola dinamika populasi rajungan (Portunus pelagicus) yang tertangkap dengan jaring rajungan (Bottom set gill net) dan mengetahui hasil tangkapan jaring rajungan (Bottom set gill net) di perairan laut desa tanjung serudung kabupaten kotabaru.penelitian ini dilaksanakan mulai bulan maret sampai juni 2022. Dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan desain dan kontruksi jaring rajungan terdapat jaring utama, tali ris atas, tali ris bawah, pelampung, pemberat, pelampung tanda dan pemberat besar. Dinamika hasil tangkapan pada hubungan lebar karapas dan berat di dapat hasil pengukuran lebar rajungan 5,5 sampai 12,5 cm dengan berat 100-500 gram. Pada mortalitas total (Z) per tahun 3,88, parameter mortalitas alami (M) per tahun 1,35, parameter mortalitas penangkapan (F) 2,53, parameter laju eksploitasi per tahun (E) 0,65, struktur ukuran hasil sampling rajungan selama penelitan sebanyak 350 individu dengan rata-rata ukuran 60,09 cm dengan ukuran panjang karapas minimum 5,5 cm sedangkan maksimum 12,5 cm, dan produksi hasil tangkapan jaring rajungan pada data tahun 2015 sampai 2018 dengan produksi tertinggi pada tahun 2018 dengan jumlah penangkapan 878,0 ton.

 

Kata Kunci : Populasi Dinamika, Rajungan (Portunus pelagicus) Jaring  Rajungan (Bottom set gill net).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI