DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran UMKM Bidang Kuliner Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat Kelurahan Banua Anyar
PENGARANG:Aulia Riska Nugraheny
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-26


Aulia Riska Nugraheny. 2022. Peran UMKM Bidang Kuliner Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat Kelurahan Banua Anyar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M.Pd dan Pembimbing II: Mahmudah Hasanah, M.Pd.

Sungai Martapura adalah satu diantara sungai-sungai besar di Kota Banjarmasin yang saat ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya terutama dalam kegiatan perekonomian. Kelurahan Banua Anyar Kota Banjarmasin, menjadi salah satu kelurahan yang banyak terdapat UMKM bidang kuliner terutama usaha rumah makan yang berada di sekitar tepian Sungai Martapura Kelurahan Banua Anyar. Dengan maraknya keberadaan para usaha rumah makan ini, maka dibentuklah Kawasan Wisata Kuliner di Kelurahan Banua Anyar berdasarkan Surat Keputusan Lurah Banua Anyar No.11 A Tahun 2020 yang dikeluarkan dan disahkan pada tanggal 4 Januari 2020.

Tujuan adanya penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan gambaran umum usaha rumah makan yang ada di Kelurahan Banua Anyar, 2) Mengidentifikasi peran rumah makan di Kelurahan Banua Anyar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Banua Anyar dan, 3) Mendeskripsikan peran rumah makan di Kelurahan Banua Anyar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Banua Anyar sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengaplikasian metode penelitian ini bertujuan untuk mempermudah peneliti dalam mengkaji berbagai aktivitas masyarakat yang ingin dikaji. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi ke lokasi penelitian tepatnya di Kawasan Kuliner Kelurahan Banua Anyar dan melakukan wawancara dengan narasumber yaitu pebisnis/pemilik usaha rumah makan, pegawai rumah makan, masyarakat yang merasakan manfaat dari adanya rumah makan, pejabat kelurahan hingga guru dan dosen terkait dengan pengintegrasian judul dan hasil penelitian dengan materi pembelajaran IPS sehingga penelitian ini mampu menjadi sumber belajar IPS.

Hasil penelitian ini menjabarkan mengenai; 1) gambaran umum usaha rumah makan yang ada di Kelurahan Banua Anyar RT.04 dan RT.05. 2) pihak rumah makan memiliki peran dalam mengurangi angka pengangguran masyarakat Kelurahan Banua Anyar dengan cara membuka lapangan pekerjaan kepada masyarakat baik sebagai pegawai, pemain panting, penyedia/penjual souvenir khas Banjar di sekitar rumah makan hingga menjadi tempat bersandarnya kelotok milik masyarakat Banua Anyar. 3) Berdasarkan Kurikulum 2013 yang menggunakan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar, hal ini berkesesuaian dengan usaha rumah makan di Kelurahan Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar dengan mengangkat peran usaha rumah makan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat kelurahan Banua Anyar  yang berkaitan dengan materi pembelajaran IPS. 

Kata kunci: UMKM, Usaha Kuliner, Rumah Makan, Banua Anyar, Perekonomian, Sumber Belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI