DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN BAHASA ANAK MELALUI METODE STORYTELLING DAN DEMONSTRASI DENGAN MEDIA BIG BOOK PADA KELOMPOK A1 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 23 BANJARMASIN
PENGARANG:Wina Sal Sabila
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-26


Sabila, Wina, Sal. 2022. Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Melalui Metode Storytelling Dan Demonstrasi Dengan Media Big Book Pada Kelompok A1 Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 23 Banjarmasin. Skripsi, Program S1 PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen pembimbing   Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I,. M.Pd.

Kata Kunci : Mengungkapkan Bahasa, Metode Storytelling, Demonstrasi dan                   Media Big Book.

            Penelitian ini berlatar belakang pada belum maksimalnya pengembangan bahasa anak dalam mengungkapkan bahasa saat mendengarkan cerita, karena kurangnya perhatian anak saat mendengarkan cerita, kurangnya perhatian anak saat diberikan pertanyaan dan kurangnya perhatian anak saat mengulang cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa anak melalui metode storytelling dan demonstrasi dengan media big book.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam 3 siklus yang dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan dengan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 23 Banjarmasin yang berjumlah 10 anak. Faktor yang diteliti ada 3 yaitu, faktor aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak. Jenis data menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data diperoleh dari pengamatan selama proses belajar mengajar. Analisis data aktivitas guru dilakukan dengan cara mengamati saat proses pembelajaran berlangsung, aktivitas anak dari kegiatan menyimak dan mendengarkan cerita dan hasil perkembangan dari kegiatan mengungkapkan bahasa. Indikator keberhasilannya yaitu aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Sangat Aktif” dan hasil perkembangan anak minimal Berkembang Sangat Baik (BSB).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode storytelling dan demonstrasi dengan media big book dapat meningkatkan aktivitas guru pada siklus I memperoleh kategori “Belum Baik”, siklus II memperoleh “Baik” dan siklus III memperoleh “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada siklus I memperoleh “Cukup Aktif”, siklus II memperoleh “Sangat Aktif” dan siklus III memperoleh “Sangat Aktif”. Hasil perkembangan anak pada siklus I memperoleh persentase 60%, siklus II memperoleh persentase 90% dan siklus III memperoleh persentase 100%.

            Disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode storytelling dan demonstrasi dengan media big book untuk mengembangkan kemampuan mengungkapkan bahasa anak pada kelompok A1 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 23 Banjarmasin dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa dengan aktivitas guru “Sangat Baik”, aktivitas anak “Sangat Aktif” dan hasil perkembangan “Berkembang Sangat Baik”. Disarankan bagi guru dapat dijadikan salah satu media pembelajaran, bagi kepala sekolah dapat dijadikan solusi menerapkan metode dan media pembelajaran untuk mengembangkan kualitas dan bagi peneliti lain dapat dijadikan referensi untuk melaksanakan penelitian dalam mengungkapkan bahasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI