DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERFORMANSI PENGELOLAAN KEBUN HUTAN (FOREST GARDEN) KAYU MANIS DI DESA LOK LAHUNG KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:RIZAL ANSHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-27


ABSTRAK

Rizal Anshari. 2022.Performansi Pengelolaan Kebun Hutan (Forest Garden) Kayu Manis di Desa Lok Lahung Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tesis. Program Studi Magister Kehutanan, Universitas Lambung Mangkurat.Dibimbing oleh:Dr. Hafizianor, S.Hut., M.P. dan Dr. Badaruddin, S.Hut, M.P.

Kata kunci: Kebun hutan, kayu manis, performansi

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan sebaran, menganalisis sistem pengelolaan, peran dan pengaruh stakeholder, serta performansi pengelolaan kebun hutan kayu manis di Desa Lok Lahung Kecamatan Loksado.Pengumpulan data menggunakan metode survei melalui inventarisasi kebun kayu manis, wawancara mendalam kepada subjek penelitian dan informan kunci menggunakan daftar pertanyaan, serta mengkaji literatur yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini. Potensi dan sebaran kayu manis dianalisis berdasarkan data luasan kebun hutan kayu manis, jumlah pohon per hektar, umur tanaman dengan rata-rata tinggi dan diameter. Sistem pengelolaan dianalisis melalui data terkait pola pemeliharaan, pemanenan, pemasaran, hingga kegiatan pasca panen kayu manis. Peran dan pengaruh stakeholder dianalisis berdasarkan tingkat kepentingan (interest) dan pengaruh (power), kemudian dikelompokkan berdasarkan posisi dalam matriks yang membagi stakeholder  ke dalam kelompok key player, subject, context setter, dan crowd. Nilai performansi pengelolaan kebun hutan kayu manis dianalisis melalui penilaian terhadap produktivitas, keberlanjutan (sustainabilitas), keadilan (equitabilitas), dan efisiensi.Berdasarkan hasil penelitian, kebun hutan kayu manis di Desa Lok Lahung memiliki rata-rata jumlah pohon perpetak dan potensi kayu manis per hektar sebanyak 38 pohon dan 394,726 m³/ha. Semua petani (100%) di Desa Lok Lahung memiliki kebun hutan kayu manis yang dikelola secara mandiri bersama keluarga, dimulai dari persiapan lahan, penyiapan bibit, penanaman, pemeliharaan, pemanenan dan penjualan serta perlakuan lahan pasca panen. Stakeholder yang teridentifikasi dalam pengelolaan kebun hutan kayu manis di Desa Lok Lahung antara lain: key player yang terdiri dari Pemerintah Daerah Hulu Sungai Selatan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Hulu Sungai, petani kayu manis dan pengepul/pedagang, context setter yang terdiri dari Pemerintah Desa Lok Lahung, kelompok tani, serta tokoh masyarakat/tokoh adat, dan crowd yaitu perguruan tinggi. Performansi pengelolaan kebun hutan kayu manis di Desa Lok Lahung tergolong Baik dengan total nilai 354.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI