DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SIKAP PROFESI DAN KESEJAHTERAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA GURU PAUD DI KECAMATAN PARINGIN KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:LISTA HARTINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-27


ABSTRAK

Lista Hartini, 2022. Pengaruh Sikap profesi dan Kesejahteraan terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D, Pembimbing II: Dr. M. Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci: Sikap profesi, Kesejahteraan, Kepuasan Kerja, Kinerja

 

Guru sebagai pendidik profesional mempunyai citra yang baik di masyarakat. Hasil observasi awal penulis pada guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan mengindikasikan bahwa kinerja guru belum sepenuhnya optimal. Faktor yang diduga menentukan kinerja guru diantaranya adalah sikap profesi, kesejahteraan serta kepuasan kerja guru. Guru yang memiliki sikap profesi yang baik akan bekerja dan berperilaku yang mendukung kepada tujuan dan perubahan sekolah. Profesi menjadi guru juga tidak terlepas dari kesejahteraan yang diperolehnya. Guru yang memperoleh kesejahteraan lahir dan batin diharapkan mampu menggerakkan gairah kerja sehingga bersedia bekerja keras guna menyumbangkan segenap kemampuan, pikiran, keterampilannya untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Sikap profesi dan kesejahteraan guru yang baik sangat penting diperhatikan dalam upaya meningkatkan kepuasan diri guru dalam bekerja yang diharapkan akan berdampat pada kinerjanya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan sikap profesi, kesejahteraan, kepuasan kerja dan kinerja guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, (2) Menganalisis sikap profesi dan kesejahteraan terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAUDdi Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan sebanyak 141 orang guru. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Proportionate Random Sampling (Sampel Random Secara Proporsional) sehingga diperoleh sampel sebanyak 104 orang guru. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan angket sebagai satu-satunya alat pengumpul data. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik analisis Jalur.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh langsung sikap profesi terhadap kepuasan kerja guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan; (2) Ada pengaruh langsung kesejahteraan terhadap kepuasan kerja guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan; (3) Ada pengaruh langsung sikap profesi terhadap kinerja guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan; (4) Ada pengaruh langsung kesejahteraan terhadap kinerja guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan;  (5) Ada pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan;  (6) Tidak ada pengaruh tidak langsung sikap profesi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan; (7) Tidak ada pengaruh tidak langsung kesejahteraan terhadap kinerja melalui kepuasan kerja guru PAUD di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada guru terus meningkatkan kinerjanya sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik melalui pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang kondusif. Hal tersebut dapat dicapai dengan lebih meningkatkan sikap positif pada profesinya sehingga akan mampu mengembangan peran organisasi profesinya, meningkatkan kerja sama dengan guru dan orang tua siswa serta meningkatkan pemberian layanan yang optimal kepada peserta didik.Selain itu guru juga harus bekerja keras dan memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan tugas agar memperoleh kesejahteraan yang baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI