DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN TUGAS OLEH GURU DENGAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 BATI-BATI
PENGARANG:MUHAMMAD YUDHA ABDILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-27


ABSTRAK

 

Muhammad Yudha Abdillah, 2022.Hubungan antara Pemberian Tugas oleh Guru dengan Semangat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bati-Bati. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd.).

Pemberian tugas adalah metode pengajaran dimana guru memberikan tugas tertentu agar peserta didik melakukan kegiatan belajar. Semangat belajar adalah suatu daya upaya penggerak atau pembangkit yang mengarahkan semangat seseorang untuk melakukan perbuatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian tugas oleh guru dengan semangat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bati-Bati. Jenis penelitian adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis korelasi product moment. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment, diperoleh nilai signifikansi 0,037, yang berarti 0,037<0,05. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada hubungan antara pemberian tugas oleh guru dengan semangat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bati-Bati. Diharapkan dengan penelitian ini bagi pihak guru agar dapat menerapkan beberapa kali metode pemberian tugas dalam pembelajaran, hal ini dikarenakan dalam hasil penelitian dikatakan bahwa hubungan antara pemberian tugas oleh guru dengan semangat belajar siswa adalah hubungan yang positif.

Kata Kunci: Pemberian Tugas, Semangat Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI