DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pesan Kritik Sosial dan Edukasi dalam Film Dokumenter di Platform Youtube (Analisis Isi Kualitatif pada Film Dokumenter
PENGARANG:AHMAD NAFARIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-27


ABSTRAK

AHMAD NAFARIN, D1C115404, 2022, Pesan Kritik Sosial dan Edukasi dalam Film Dokumenter di Platform Youtube (Analisis Isi Kualitatif pada Film Dokumenter "Diam & Dengarkan" Karya Mahatma Putra). Dibimbing oleh Atika dan Noviana Sari 

 

Youtube adalah salah satu media yang banyak diminati saat ini di zaman teknologi, dan juga berguna menyampaikan terkait edukasi dan informasi mengenai Covid-19 yang melanda Indonesia mulai Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pesan Kritik Sosial dan Edukasi dalam Film Dokumenter di Platform Youtube pada Film Dokumenter "Diam & Dengarkan" Karya Mahatma Putra dengan menggunakan analisis isi dari Burhan Bungin. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penulisan deskriptif interpretatif. Dalam pendekatan ini yang ditekankan adalah aspek subyektif dan pesan edukatif terkait refleksi pesan sosial dalam kasus virus Covid-19 di Indonesia dari sosok yang dinarasikan film Dokumenter tersebut. 

Hasil penulisan menunjukkan bahwa Film Dokumenter Diam & Dengarkan karya Mahatma Putra menyampaikan representasi pesan edukasi menjaga lingkungan dan hutan, serta air dan alam. Scene yang sering dimunculkan dalam Film DOkumenter ini adalah upaya yang telah dilakukan manusia untuk memperbaiki kondisi situsasi disaat pandemi Covid-19 dengan dominasi narasi oleh 6 orang dengan sudut pandang berbeda dan gaya penyampaian yang berbeda pula. Hal ini didukung oleh variasi ilustrasi visual dan persuasif yang mengedepankan pesan kritik sosial dan pandemi Covid-19 serta edukasi covid-19 dengan cara merefleksikan diri dan menarik benang merah dari awal pandemi hingga saat ini serta di masa yang akan datang.. Hal ini diperkuat oleh narrator yang mengedepankan pesan kritik sosial dan terkait pandemic Covid-19 serta edukasi covid-19 dengan cara merefleksikan diri dan upaya yang telah dilakukan manusia untuk memperbaiki kondisi terkait pandemic Covid-19 di masa yang akan datang. 

 

Kata kunci: Film Dokumenter, Pesan Edukasi, Pesan Kritik Sosial, Alam dan Lingkungan, Covid-19, Analisis Isi Kualitatif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI