DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Sistem Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Banjarmasin
PENGARANG:ANGGA FAUZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-27


Angga Fauzan, 1710411310004, 2022, “Implementasi Kebijakan Sistem Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin”. Skripsi. Program Studi Administrasi Publik. Dibimbing Muhammad Riduansyah Syafari.

Penerapan Online Single Submission (OSS) dalam memberikan pelayanan publik di kota Banjarmasin tidak hanya bertujuan untuk meringkas layanan bagi pelaku usaha maupun juga untuk mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat. Sektor-sektor perizinan berusaha yang terintegrasi melalui sistem Online Single Submission tentunya merupakan sektor-sektor penting dan strategis bagi pelaku usaha.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebagai berikut. (1) Implementasi kebijakan sistem online single submission di dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) kota Banjarmasin. (2) faktor-faktor yang menghambat dalam implementasi pelayanan perizinan melalui Sistem OSS. metode deskriptif kualitatif berdasarkan wawancara mendalam dengan beberapa pengunjung website online single submission (OSS) dan dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) kota Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukan bahwa platform di mana pengusaha mikro, kecil, menengah, maupun pengusaha besar bisa mengajukan permohonan perizinan. online single submission Perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yang terintegrasi. Hadirnya peraturan pemerintah yaitu pelaksanaan izin usaha melalui OSS di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin berjalan dengan baik dan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam melakukan perizinan usaha.

 implementasi kebijakan sistem Online Single Submission (OSS) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Kota Banjarmasin secara umum sudah berjalan dengan baik. Hanya saja masih terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi oleh DPMPPTSP Kota Banjarmasin terkait sosialisasi kepada masyarakat akan penggunaan sistem Online Single Submission (OSS) yang belum sepenuhnya meluas. misalnya dengan menambah pemasangan spanduk atau baliho, serta juga dilakukan sosialisasi melalui web supaya masyarakat yang belum berkesempatan datang atau mengikuti kegiatan sosialisasi yang di adakan DPMPPTSP Kota Banjarmasin dapat mengetahui informasi tersebut.

Kata kunci: Implementasi, Kebijakan, Sistem OSS

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI