DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Intensitas Menonton Sinetron “Ikatan Cinta” di RCTI Terhadap Perubahan Perilaku Penonton (Studi Pada Ibu-ibu di Kota Barabai Usia 30-49 Tahun)
PENGARANG:RIZQIA NAZLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-29


Rizqia Nazla, 1710414620040, 2022. Pengaruh Intensitas Menonton Sinetron “Ikatan Cinta” di RCTI  Terhadap Perubahan Perilaku Penonton (Studi Pada Ibu-ibu di Kota Barabai Usia 30-49 Tahun). Dibimbing Yuanita Setyastuti dan  Achmad Bayu Chandabuwono

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan sinetron Ikatan Cinta (X) terhadap perubahan perilaku penonton khususnya ibu-ibu (Y) di kota Barabai.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif sedangkan teknik pengambilan sampel dengan cara nonprobability sampling menggunakan quota sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 348 responden penonton ibu-ibu di kota Barabai, dengan kriteria berusia 30-49 tahun dan pernah menonton sinetron Ikatan Cinta.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, observasi, dan riset kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan regresi linier sederhana melalui perhitungan program SPSS versi 22.0 dan Microsoft Excel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas nilai asym.sig sebesar 0,022 lebih besar dari 0,05 maka dapat dikatakan data berditribusi normal. Terdapat pengaruh positif dan signifkasi Sinetron Ikatan Cinta terhadap perubahan perilaku penonton yang ditunjukkan dari nilai thitung  689.430 >  ttabel 0,105 dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 serta nilai R Square tingkat hubungan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,666 atau 66,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci : Televisi, Sinetron, Perubahan Perilaku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI