DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA
PENGARANG:AMELIA RIZKY RAHMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-29


Amelia Rizky Rahmadani,1810413220011,2022 Peran Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” di Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Bapak Gazali Rahman.

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah desa dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran pemerintah desa dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. adapun Badan Usaha Milik Desa tersebut adalah Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” di Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberi masukan bagi desa-desa khususnya pemerintah desa dalam hal pengelolaan Badan Usaha Milik Desa.

            Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Acuan teori dari Stewardship yaitu harmonisasi antara pemilik modal (Priciples) dengan pengelola modal (Steward) dalam mencapai tujuan bersama, dari teori Stewardship tersebut sejalan dengan pendapat menurut Subarsono (2010) keberhasilan program diukur berdasarkan evaluasi hasil dari kebijakan sebagai proses evaluasi yang terdiri dari Input, Proses, Output, Outcome, Impact dan Feedback yang menjadi indikator penelitian skripsi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa, keberhasilan Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” yang berada di Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut ini tidak lepas dari adanya peran serta pemerintah desa yang bekerjasama dengan pengurus Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” dan setiap kegiatan yang dibuat oleh Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” selalu melibatkan Pemerintah Desa Bukit Mulia dan masyarakat. Kemajuan Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” dinilai dari hasil unit-unit usaha yang setiap tahun meningkat. Namun, dari kemajuan Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” masih ada masalah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Desa Bukit Mulia dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” yakni unit usaha pasar yang tidak berkembang dikarenakan oleh berbagai faktor.

            Saran atau ide dari penelitian ini adalah diharapkan untuk Pemerintah Desa Bukit Mulia dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” agar segera merealisasikan solusi-solusi yang telah direncanakan untuk menyelesaikan masalah unit usaha pasar ini agar Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” semakin maju, selain itu diharapkan kerjasama antara Pemerintah Desa dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” tetap terjaga baik demi kelangsungan Badan Usaha Milik Desa “Berkah Mulia” dan kemajuan Desa Bukit Mulia.

Kata Kunci: Peran, Pemerintah Desa, Pengelolaan dan Badan Usaha Milik Desa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI