DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GENDER DRIVER OJEK ONLINE PEREMPUAN DI KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH.
PENGARANG:RUSDA FEBRIAN KARTIKA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-03


ABSTRAK

Rusda Febrian Kartika Putri, 2022. Peran Gender Driver Ojek Online Perempuan di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Yuli Apriati. (II) Laila Azkia.

 

Kata Kunci: Peran Gender, Driver ojek online, Perempuan,

 

Banyaknya perempuan mulai terjun ke dunia kerja yang dulunya dikuasai oleh laki-laki sekarang berangsur-angsur mulai tergeser. Driver ojek online perempuan adalah sebuah pekerjaan publik, pekerjaan yang menawarkan jasa, peran yang dimiliki oleh para driver ojek online perempuan adalah peran ganda yaitu publik dan domestik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran domestik dan peran publik, serta resiko dalam pelaksanaan peran publik dan peran domestik driver ojek online perempuan di Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Telah dilaksanakan di sekitar Kecamatan Banjarmasin Tengah, serta dipilih sebanyak lima orang driver ojek online perempuan sebagai informan yang ditentukan secara Snowball Sampling dan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gambaran peran domestik dan peran publik terbagi menjadi 2 bagian yaitu peran domestik melakukan kegiatan rumah tangga, dan peran publik menjadi driver ojek online perempuan. (2) Resiko dalam pelaksanaan peran domestik dan peran publik terbagi menjadi 2 bagian yaitu resiko dalam pelaksanaan peran domestik sulitnya membagi waktu dan tenaga dalam melakukan kegiatan rumah tangga, dan resiko peran publik mendapat pelecehan seksual saat bekerja menjadi driver ojek online perempuan.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan bagi mahasiswa/I yang lain dan masyarakat luas dan mengetahui tentang peran gender driver ojek online perempuan yang terdiri dari 2 peran yakni peran domestik dan peran publik driver ojek online perempuan dan membaca referensi atau belajar memahami peran gender yang dilakukan oleh perempuan dan segala kegiatan lainnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI