DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL ONTA PADA SISWA KELAS IV SDN BERINGIN
PENGARANG:DAVID AKBAR NOGROHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-05


Nogroho, David Akbar. (2022).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Ips Menggunakan Model Onta  Pada Siswa Kelas 4 SDN Beringin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Suhaimi, M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Model ONTA.

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan , pembelajaran yang dilaksanakan cenderung terlaksana satu arah atau tergantung pada gurunya saja. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran ONTA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar muatan IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku menggunakan model ONTA pada siswa kelas IV SDN Beringin.

Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Beringin yang berjumlah 13 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif. Indikator keberhasilan Aktivitas siswa skor 21-24 dan hasil belajar individu semua siswa dengan ≥70 KKM dengan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan sudah terlaksana dari skor 21 kriteria “Baik”, menjadi skor 31 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 46% kriteria “sebagian kecil” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92% kriteria “hampir seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 46% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran ONTA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan IPS di Sekolah dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI