DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROPIT SISWA KELAS IV SDN SUNGAI LULUT 7 BANJARMASIN
PENGARANG:Muhammad Zulfadli
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-05


ABSTRAK

 

Zulfadli, Muhammad. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan model PROPIT Siswa Kelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Suhaimi, M. Pd.

 

 

 

Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PROPIT

 

 

 

Permasalahan penelitian ini adalah kurang aktivitas siswa dalam pembelajaran, kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan IPS dan minat belajar siswa rendah. Hal ini berdampak pada siswa kurang mampu dalam memecahkan suatu masalah dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Hal ini disebabkan karena siswa cenderung bosan pada saat proses belajar dan siswa kurang memahami konsep pembelajaran. Upaya menyelesaikan masalah tersebut melalui model pembelajaran PROPIT.

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatakan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

 

Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 22 hingga 30. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 42.9% hingga 100% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 7.1% hingga 85.7% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 35.7% hingga 85.7% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 20.4% hingga 92.8% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PROPIT. dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI