DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN WAKTU LUANG DI LUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA, BANJARMASIN BARAT DAN BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Muhammad Ammar
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-05


MUHAMMAD AMMAR . NIM 1810122110004. “Pemanfaatan Waktu Luang di Luar Jam Sekolah Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin Barat,  Dan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Dr. Rahmadi, S. Pd., M. Pd. (I). Dr. H. Syamsul Arifin, M. Pd. (II).

                  

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang di luar jam sekolah pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin Barat, dan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.

Jenis penelitian ini adalah survey menggunakan metode ex-pose facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 7,8,9 di 17 sekolah Menengah Pertama Negeri yang berada di Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin Baratdan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2.695 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Purposive samplingadalah teknik pengumpulan sample dengan berbagai pertimbangan tertentu. Pertimbangan dalam penentuan sample dalam penelitian ini adalah yang mengisi angket sejumlah 2.695 peserta didik karena mempertimbangkan situasi dan kondisi saat penelitian berlangsung, keterbatasan perangkat android yang dimiliki peserta didik, durasi penelitian, dan menyesuaikan jadwal di sekolah tempat penelitian.

Hasil penelitian ini diperoleh kegiatan peserta didik di luar jam sekolah dengan melakukan kegiatan relaksasi, hiburan dan pengembangan diri. Aktivitas fisik peserta didik berada pada kategori sedang dengan kegiatan yang dilakukan olahraga mandiri. Peserta didik melakukan aktivitasnya diluar jam sekolah seperti melakukan aktivitas gerak dengan membantu orang tua belanja kebutuhan pokok, melakukan aktivitas relaksasi dengan beristirahat dirumah dan aktivitas fisik dengan melakukan olahraga mandiri. Minat peserta didik dalam prestasi terbilang sedang dengan minat yang paling banyak di pilih yaitu cabang olahraga.

 

Kata Kunci : Pemanfaatan Waktu Luang, Di Luar Jam Sekolah, Peserta didik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI