DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI DAUR HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DISCOVERY LEARNING, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN PICTURE AND PICTURE PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BELITUNG UTARA 3 BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:AMILIYA ROSADA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-05


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan peserta didik aktif, pembelajaran bersifat abstrak, dan proses pembelajaran kurang meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta. Solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi yaitu dengan menerapkan pembelajaran menggunakan kombinasi model Discovery Learning, Numbered Head Together, dan Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik dan peserta didik serta menganalisis peningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan IPA materi Daur hidup hewan kelas IV SDN Belitung Utara 3 Banjarmasin Barat

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SDN Belitung Utara 3 Banjarmasin Baratsebanyaktiga kali pertemuan dengan jumlah peserta didik 16 orang yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 7peserta didik perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, serta dengan tes evaluasi hasil belajar peserta didik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pertemuan 1 memperoleh skor 25dengan kriteria baik, pertemuan II memperoleh skor 29 dengan kriteriasangat baik, dan pada pertemuan III memperoleh skor 31 dengan kriteria kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I memperolehpersentase klasikal 43.75% dengan kriteria cukup aktif, pertemuan II memperoleh persentase klasikal 75% dengan kriteria aktif, dan pada pertemuan III memperoleh persentase klasikal 93.75% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan I memperoleh  persentase 50%, pertemuan II memperoleh 68.75%, dan pada pertemuan III memperoleh 87.5%.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran muatan IPA materi Daur hidup hewan menggunakan kombinasi model Discovery Learning, Numbered Head Together, dan Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitaspeserta didik, dan hasil belajar peserta didik pada kelas IV SDNBelitung Utara 3 Banjarmasin Barat. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas peserta didik yang berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI