DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengeringan kayu karet (Hevea brasiliensis) Menggunakan Metode Green House dengan teknik penyusunanan horizontal (rebah) dan vertikal (sandar)
PENGARANG:Yuni fransiska
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-06


Yuni Fransiska. ”Pengeringa Kayu Karet (Hevea brasiliensis) Menggunakan Metode Green House Dengan Teknik Penyusunan Horizontal (Rebah) dan Vertikal ( Sandar)”. Dibimbing oleh ibu Ir, Hj. Rosidah Radam, M.P dan ibu Ir, Hj. Noor Mirad Sari, M.P.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik penyusunan pengeringan kayu karet (Hevea brasiliensis) yang optimal dengan teknik penyusunan horizontal (rebah) atau vertikal (sandar) berdasarkan perhitungan kadar air, kerapatan dan penyusutan serta menganalisis laju pengeringan kayu karet (Hevea brasiliensis) mengunakan metode green house dengan teknik penyusunan horizontal (rebah) dan vertikal (sandar) berdasarkan laju pengeringan. Parameter yang di uji dalam penelitian ini adalah kadar air, kerapatan, laju pengeringan dan penyusutan.

Hasil pengeringan kayu karet (Hevea brasiliensis) yang optimal yang dilakukan selama 2 bulan adalah teknik pengeringan vertikal (sandar). karena teknik pengeringan sandar lebih cepat kering dibandingkan dengan teknik penyusunan horizontal (rebah). Nilai kadar air pada teknik penyusunan vertikal (sandar) nilai rata-rata kadar air sebesar 10, 65 % dan pada teknik horizontal (rebah) sebesar 11,77%.Nilai kerapatan rata-rata pada teknik penyusunan vertikal (sandar) sebesar 0,64 gram/cm3 sedangkan pada teknik penysunan horizontal (rebah) 0,68 gram/cm3,Nilai rata-rata penyusutan pada teknik penyusunan vertikal (sandar) pada penyusutan longitudinal 0,36 %, tangensial 1,75% dan radial 1,86% sedangkan penyusutan pada teknik penyusunan horizontal (rebah) pada penyusutan longitudinal sebesar 0,64%, tangensial 3,07 % dan radial 1,89%. sedangkan untuk hasil laju pengeringan kayu karet yang optimal terdapat pada teknik penyusunan sandar yaitu dengan lama pengeringan 6 minggu, sedangkan pengeringan dengan teknik horizontal (rebah) dilakukan selama 8 minggu. Nilai rata-rata laju pengeringan pada teknik penyusunan vertikal (sandar) sebesar 57,23 %/hari sedangkan pada teknik horizontal (rebah) sebesar 60,14%/hari. 

Kata Kunci : Pengeringan, Kayu Karet,Green House,Horizontal,Vertikal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI