DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMASARAN IKAN PATIN (Pangasius sp.) DALAM USAHA SKALA KECIL DIKABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:DHEVIA EKA OKTAMIRANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-06


ANALISIS PEMASARAN IKAN PATIN (Pangasius sp.) DALAM USAHA SKALA KECIL DI KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Dhevia Eka Oktamiranda1, Emmy Sri Mahreda2 dan Irma Febrianty3

1Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan

2Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Coresponding email : (1810715320028@mhs.ulm.ac.id )

ABSTRAK

Kabupaten Banjar merupakan salah satu dari 5 Kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan dimana memiliki potensi perairan umum dan laut dan menjadikan Kabupaten Banjar sebagai Kawasan minapolitan. Salah satu Kawasan di Kabupaten Banjar yang menjadi Kawasan perikanan terpadu merupakan Cindai Alus yang berada di Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar komoditas utama di Kawasan Cindai Alus adalah ikan patin (Pangasius sp.). Tujuan penelitian ini adalah : 1. Menganalisis saluran pemasaran. 2. Menganalisis margin pemasaran. 3. Menganalisis farmer’s share. 4. Menganalisis struktur pasar secara kualitatif. Metode yang digunakan untuk kegiatan penelitian menggunakan metode Purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, deskriptif dan dokumentasi. Hasil analisis pemasaran didapat 2 pola saluran pemasaran yaitu pembudidaya – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen akhir dan pembudidaya – pedagang pengecer – konsumen akhir. Margin pemasaarn yang didapat ditingkat pengumpul sebesar Rp.2.000/kg dan ditingkat pengecer sebesar Rp.4000/kg. Farmer’s share yang didapat sebesar 78%. Struktur pasar di wilayah Cindai Alus lebih banyak pembudidaya diabndingkan pembeli. Pembudidaya sebanyak 50 orang dan pembeli sebanyak 20 orang, dengan ini struktur pasar yang terdapat di Kabupaten Banjar berjenis oligopsoni.

Kata kunci : saluran pemasaran, farmer’s share, margin pemasaran, struktur pasar

 

MARKETING ANALYSIS OF PATIN FISH (Pangasius sp.) IN A SMALL BUSINESS SCALE IN BANJAR DISTRICT SOUTH KALIMANTAN PROVINCE

Dhevia Eka Oktamiranda1, Emmy Sri Mahreda2 dan Irma Febrianty3

1Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan

2Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Coresponding email : (1810715320028@mhs.ulm.ac.id )

ABSTRACT

Banjar Regency is one of 5 regencies in South Kalimantan Province which has the potential for public waters and the sea and makes Banjar Regency a minapolitan area. One of the areas in Banjar Regency that has become an integrated fisheries area is Cindai Alus which is located in West Martapura District, Banjar Regency, the main commodity in the Cindai Alus area is Siamese catfish (Pangasius sp.). The objectives of this research are: 1. Analyzing marketing channels. 2. Analyze marketing margins. 3. Analyze farmer's share value. 4. Analyzing market structure qualitatively. The method used for research activities using purposive sampling and snowball sampling. Meanwhile, for data collection using observation, interview, descriptive and documentation methods. The pattern of marketing channels occurs in 2 patterns, namely cultivators - collectors - retailers - final consumers and cultivators - retailers - final consumers. The marketing margin obtained at the collector level is Rp. 2,000/kg and at the retail level is Rp. 4000/kg. Farmer's share obtained is 78%. The market structure in the Cindai Alus area is more cultivators than buyers. There are 50 cultivators and 20 buyers.

Keywords : marketing channel, farmer's share, marketing margin, market structure

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI